Minggu, 12 Maret 2017

MAJELIS DZIKIR

Sebagaimana dzikir itu diakibatkan (mustajab), demikian pula duduk di majelis orang-orang yang berdzikir. Dalil-dalil yang berhubungan dengan ini sungguh banyak dan Inshaa Allah akan disebutkan terperinci pada tempatnya. Pada fasal ini hanya disebutkan beberapa buah saja, antara lain.

Dari Ibnu Umar r.a Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila kamu melewati kebun-kebun surga, maka tempati dan nikmati olehmu. Para sahabat bertanya : “ hai Rasulullah ! Apa kebun surga itu?” Rasulullah SAW menjawab : “ ialah majelis-majelis dzikir, karena Allah mempunyai pengelana-pengelana dari para malaikat yang selalu mencari majelis-majelis dzikir. Apabila mereka datang ketempat itu, mereka duduk bersama-sama orang yang berdzikir itu.”

Diriwayatkan oleh Muslim dalam shahihnya dari Mu'awiyah r.a

“Rasulullah SAW keluar dari rumahnya menuju sebuah majelis tempat berkumpul sahabat-sahabatnya, ia bersabda : “Mengapa kamu duduk-duduk bersama disini?” mereka menjawab : “kami duduk disini berdzikir mengingat Allah Ta'ala dan bertahmid mengucapkan puji kehadirat-Nya atas hidayah dan nikmat yang diberikan kepada kami sehingga memeluk agama Islam. Nabi SAW bersabda : “demi Allah, apakah benar kamu duduk disini hanya karena itu?”. Dan sesungguhnya aku tidak meminta kepada kamu untuk bersumpah karena menaruh curiga, tetapi Jibril telah datang kepadaku dan memberitahukan bahwasanya Allah Ta’ala membanggakan kamu dihadapan para malaikat.”

Diriwayatkan kepada kami didalam kitab shahih Muslim dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a dan Abu Hurairah r.a, keduanya menyaksikan Rasulullah SAW bersabda :

“Tiada satu kaum pun yang duduk-duduk sambil berdzikir kepada Allah, melainkan para malaikat datang mengelilingi dan menaungi mereka. Mereka diliputi dengan rahmad, ketentraman turun menyertai mereka dan Allah menyebut mereka dihadapan orang (para malaikat lainnya) yang ada disisi-Nya.”


sumber : Kitab "AL-ADZKAR" IMAM AN-NAWAWI


0 komentar:

Posting Komentar

Setelah baca komentar ya.. :)

Worm Picture on Bridestory
 
bloggersumut.net

Site Info



free counters

Google PageRank Checker


Followers

.:::Luthfi:::. Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template